404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Kenali Bahan Body Mobil Alternatif Ini, Sebelum Body Repair

Kenali Bahan Body Mobil Alternatif Ini, Sebelum Body Repair

Body mobil merupakan bagian terluar dari mobil. Komponen satu ini akan menjadi penentu kesan pertama seseorang ketika melihat mobil. Satu bagian dengan bagian lainnya menentukan keren tidaknya mobil tersebut. Dalam aspek lain, body mobil juga erat kaitannya dengan aspek keselamatan.

Apakah body mobil tersebut memiliki kemampuan benturan ketika terjadi kecelakaan ataukah tidak. Body mobil yang tidak terlalu kaku umumnya memiliki kemampuan safety lebih baik daripada yang kaku. Pada tulisan segmen ini, kami akan memaparkan beberapa elemen yang biasa dijadikan sebagai bahan body mobil.

Komponen Komponen Body Mobil

Secara umum ada enam komponen pada body mobil. Agar Anda mengenal lebih dalam, kami berikan paparan komponen-komponen tersebut pada Anda. Simak ulasan di bawah ini.

Bagian Luar

Bagian ini adalah tempat dimana menempelnya berbagai macam panel. Bagian luar ini ibaratkan seperti kulit pada tubuh, yang berfungsi sebagai pelindung bagian dalamnya. sama halnya dengan bagian ini, untuk menjaga bagian dalam mobil.

Bagian ini terdiri dari berbagai jenis panel yang disatukan dengan beberapa sambungan dan juga bisa Anda lihat secara langsung dari luar. Seperti bumper, angine hood atau tutup mesin, pintu-pintu dan sunroof. Selain bagian itu, juga ada roof headlining, fender, kaca, boot lid atau deck lid, lampu, radiator girl dan yang lain sebagainya.

Body mobil bagian luar, sumber: google.com
Body mobil bagian luar, sumber: google.com

Bagian Dalam

Bagian dalam adalah bagian pada body mobil yang terdiri dari komponen yang ada dalam body kendaraan Anda. Bagian ini terdiri dari berbagai penguat dan berbagai panel yang dimanfaatkan untuk menguatkan mobil kendaraan.

Under Body

Under body atau lantai pada mobil biasanya terdiri dari beberapa komponen kecil yang dilas secara bersama menjadi satu unit lantai. Semua panel-panel lantai ini mempunyai penguat pada bagian bawahnya.

Dan pada umumnya bentuk dari under body ini tidak rata. Sebaliknya bentuknya akan disesuaikan dengan kebutuhan dan disesuaikan dengan tujuan utama dari lantai tersebut. Seperti lantai untuk tempat roda berbeda dengan lantai tempat kaki penumpang, tempat dudukan komponen lain dan sejenisnya.

Engine Hood

Engine hood yang satu ini adalah bagian body kendaraan yang menutupi bagian mesin mobil Anda. mobil yang menggunakan engine hood ini pada umumnya berjenis sedan, seperti Toyota camry, Suzuki swift, Honda civic dan beberapa jenis lainnya.

Engine mobil ini biasanya akan dipasang pada body utama yang menggunakan engsel. Dan biasanya konstruksi dari engine hood ini terdiri dari lembaran plat yang didukung dengan rangka penguat. Pada jenis kendaraan tertentu engine hood ini memiliki saluran washer nipple.

engine hood mobil, sumber: google.com
engine hood mobil, sumber: google.com

Fender

Fender atau wing merupakan salah satu komponen body kendaraan yang menutupi roda. Dari konsep inilah, mobil umumnya memiliki 4 buah fender pada masing-masing rodanya. Namun, pada beberapa mobil ada yang memiliki fender belakang tidak dilepas, sehingga seolah-olah fender tersebut hanya bagian depan saja.

Akan tetapi fender tersebut mempunyai konstruksi suspense dan melindungi dari kotoran dan juga lumpur. Lebih dari itu, fender pada bagian depan kendaraan biasanya terpasang pada konstruksi utama untuk menguatkan baut sehingga bisa dengan mudah dilepas.

Body Belakang

Komponen satu ini umumnya menyatu dengan sayap bagian belakang. Selain itu, body belakang juga mempunyai konstruksi sederhana. Biasanya atap juga akan menggunakan bahan lembaran plat besi yang sudah melalui pengerasan pada bagian tertentu dengan membuat alur agar kuat apabila menerima bagian dari atas.

Jenis Bahan untuk Body Mobil

Apabila komponen body mobil yang telah dijelaskan di atas mengalami kerusakan, ada beberapa alternatif bahan yang bisa Anda pilih. Apa saja?

Bahan Aluminium

Bahan satu ini sudah dikenal luas sebagai material utama untuk berbagai barang termasuk perabotan. Seiring berkembangnya teknologi, bahan satu ini berkembang sedemikian rupa, sehingga menghasilkan aluminium yang ringan dengan daya tahan yang terbaik.

Aluminium membuat mobil, apabila menjadi bahan body mobil akan membuat mobil menjadi lebih ringan. Sehingga, penggunaan bahan bakar mobil lebih hemat dan efektif. Selain itu, sifat lain yang perlu dipertimbangkan adalah tidak mudah berkarat. Sehingga, onderdil mobil dari aluminium menjadi pilihan terbaik bagi pemilik mobil.

Aluminium untuk bahan body mobil, sumber: google.com
Aluminium untuk bahan body mobil, sumber: google.com

Bahan Baja

Pada kendaraan generasi awal biasanya menggunakan baja sebagai bahan bodynya, baik sebagai rangka maupun sebagai plat baja. Sampai sekarang ini, Anda bisa menjumpai dengan mudah mobil dengan bahan baja pada mobil lama maupun pada mobil baru.

Baja adalah logam yang sangat kuat dan relatif murah untuk diproduksi, maka produksi mobil dalam jumlah besar menggunakan bahan baja. Karenanya, mobil yang bodynya terbuat dari baja lebih terjangkau. Namun, baja memiliki bobot yang sangat berat.

Bahan Plastik

Penggunaan bahan plastik pada body mobil diperkirakan mencapai 50 persen dari mobil baru yang diproduksi dan sebagian besar sekarang ini digunakan untuk bagian interior seperti dasbor, pegangan pintu, sabuk pengaman dan sejenisnya.

Penggunaan plastik memang sangat populer belakangan ini dalam pembuatan mobil modern. Hal tersebut bertujuan untuk lebih menghemat bahan bakar dan dengan bahan plastik pula, mobil tersebut bisa didaur ulang saat batas akhir masa pemakaiannya.

Kelebihan lain dari bahan ini adalah mudahnya untuk dikerjakan dan ketika terjadi kerusakan, perbaikan panel body plastik akan lebih murah. Dengan demikian, akan sangat menguntungkan dari segi ekonomi.

Nampak body mobil bahan plastik, sumber: google.com
Nampak body mobil bahan plastik, sumber: google.com

Carbon Fiber

Bahan serat karbon mempunyai harga yang sedikit lebih mahal dan sukar didapatkan dari bahan lainnya. Hal tersebut karena sifatnya yang ringan dan sangat kuat. Umumnya bahan ini digunakan pada mobil sport berkelas dan hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja, karena mahal harganya.

Sebenarnya pemanfaatan carbon fiber ini sudah berlangsung pada setiap hal yang menginginkan kekuatan dan kecepatan, salah satu contoh pengaplikasiannya adalah pada sepeda downhill. Dengan bahanya yang kuat dan ringan, sangat membantu dalam melakukan berbagai manuver dan tentu saja sangat fleksibel.

Nah itulah beberapa bahan body mobil yang umumnya digunakan oleh para pelaku bengkel otomotif. Semoga informasi kami ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda terkait dunia otomotif, khusunya mobil. Kunjungi website Cor Aluminium Jogja jika ingin mendapatkan ulasan menarik lainnya.

Leave a Reply