404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
6 Jenis Logam yang Biasa Digunakan untuk Membuat Perhiasan - UD Cantenan

6 Jenis Logam yang Biasa Digunakan untuk Membuat Perhiasan

“Menikah tidak perlu mahal”, mungkin itulah nasehat yang sering kali diberikan kepada calon pasangan suami istri saat ini. Namun salah satu anggaran pernikahan yang menguras biaya adalah mas kawin atau cincin pernikahan. Terlebih lagi jika logam untuk perhiasan yang digunakan berupa emas akan bernilai hampir 50% dari biaya pernikahan.

Tahukah Anda ternyata logam yang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan perhiasan cincin bukan sekedar emas saja loh. Terdapat jenis logam lainnya yang tidak kalah mewah dan menarik dibandingkan emas untuk dijadikan cincin perhiasan. Berikut ulasan mengenai beberapa jenis logam yang dapat disulap menjadi perhiasan cincin nan indah. 

6 Jenis Logam Pengganti Emas Sebagai Perhiasan

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa cincin merupakan salah satu benda yang dianggap cukup sakral bagi pasangan suami istri. Sebab cincin merupakan simbol ikatan suci dari sebuah pernikahan. Umumnya cincin identik terbuat dari logam mulia berupa emas. Namun bagi pria muslim, menggunakan cincin emas sangat dilarang. 

Oleh sebab itu, seorang pria yang beragama Islam harus memilih bahan logam untuk cincin selain emas. Logam untuk perhiasan selain emas mungkin dikategorikan cukup unik dan menarik, terutama bagi para kolektor perhiasan. Sebab jenis logam selain emas biasanya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. 

Namun sayangnya tidak semua jenis logam selain emas nyaman digunakan. Karena terdapat beberapa jenis cincin selain emas yang dapat menyebabkan alergi dan iritasi. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memahami lebih dalam mengenai setiap jenis logam selain emas yang cocok dijadikan perhiasan. Berikut beberapa jenis logam yang bisa dipertimbangkan. 

1. Perak

Perhiasan dari perak, Sumber: parapuan.co
Perhiasan dari perak, Sumber: parapuan.co

Perak juga termasuk ke dalam salah satu jenis material logam yang bisa digunakan untuk membuat perhiasan. Jika emas hadir dengan ciri khas berwarna kuning berkilau, lain halnya dengan perak yang memiliki warna putih. Meski demikian, perak juga tidak kalah menarik dari warna kuning pada emas karena memiliki ciri khas tersendiri. 

Perak hadir dengan permukaan halus dan berkilau sesuai tingkatan kualitasnya. Harganya juga relatif lebih terjangkau dari emas. Namun biasanya perak tidak digunakan untuk membuat cincin karena rentan pudar dan tergores. Namun belakangan ini perak menjadi logam untuk perhiasan yang cukup populer. 

Agar tampilannya lebih unik namun tetap tahan terhadap noda dan goresan, perak biasanya akan dilapisi dengan rhodium. Perhiasan dari bahan dasar perak menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas. 

2. Palladium

Palladium juga termasuk logam untuk perhiasan yang seringkali dipilih sebagai pengganti emas. Logam palladium dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau namun tidak menimbulkan efek alergi. Cincin pernikahan dari bahan palladium hadir dengan kesan mewah dan tahan lama.

Akhir-akhir ini palladium juga cukup banyak diminati sebagai bahan perhiasan termasuk cincin tunangan. Hal ini tidak terlepas karena kemampuan palladium yang mudah berpadu dengan jenis logam lainnya. Logam dengan karakteristik polesan berkilau dan berwarna putih keperakan ini memiliki sifat menyerupai platinum. 

3. Platina atau Platinum

Perhiasan platina, Sumber: moeslim.id
Perhiasan platina, Sumber: moeslim.id

Platina termasuk jenis logam yang biasanya dijadikan alternatif lain sebagai bahan baku pembuatan cincin perhiasan. Platinum memiliki karakteristik lebih ulet dibanding emas, perak, atau tembaga. 

Dalam dunia kedokteran jenis logam ini juga sering dimanfaatkan untuk menyambung tulang patah karena sifatnya tahan terhadap aus, korosi, dan tidak menyebabkan alergi.

Keberadaan platina yang semakin sedikit dengan permintaan banyak membuat harganya lebih mahal dari emas. Bahkan cincin dari bahan dasar platinum dikategorikan memiliki nilai jual paling mahal. Sebab platinum merupakan logam untuk perhiasan yang memiliki banyak sekali kelebihan. Cincin platinum terbaik biasanya mengandung kadar karat hingga 95%.

4. Titanium

Terdapat banyak sekali cincin akik yang terbuat dari bahan baku titanium. Belakangan ini titanium cukup banyak diminati sebagai bahan baku perhiasan cincin. Kuncinya hanya bagaimana para pengrajin logam berkreasi untuk bisa menghasilkan perhiasan cincin titanium yang tidak kalah menarik dibanding jenis logam untuk perhiasan lainnya. 

Titanium juga cenderung kuat dibandingkan emas atau perak, namun bahannya lebih ringan. Sayangnya jenis logam ini memiliki kekurangan dapat menimbulkan alergi pada beberapa orang yang memiliki jenis kulit sensitif. Penting juga untuk melakukan perawatan produk logam berbahan titanium agar tampilannya tetap mengkilap dan menarik. 

5. Zirkonium Hitam

Bahan logam yang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan cincin perhiasan selanjutnya adalah zirkonium hitam. Logam yang satu ini cukup populer di pasaran karena memiliki bobot yang relatif ringan namun kekuatannya terbilang cukup baik, bahkan hampir setara dengan titanium. 

Jika dilihat dari daya tahan, tidak perlu diragukan lagi. Sebab cincin yang terbuat dari bahan zirconium hitam memiliki sifat resisten terhadap korosi maupun goresan. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa zirkonium hitam cukup populer sebagai bahan dasar pembuatan cincin selain emas. 

6. Tungsten Karbida

Perhiasan yang terbuat dari tungsten karbida, Sumber: nineworlds.jewelry
Perhiasan yang terbuat dari tungsten karbida, Sumber: nineworlds.jewelry

Tungsten karbida mungkin merupakan jenis logam selain emas yang cukup asing terdengar di telinga Anda bukan? Tungsten karbida sendiri merupakan salah satu jenis logam berat yang memiliki kemampuan anti gores lebih baik dibandingkan material lainnya. Dalam dunia perhiasan, jenis logam ini terkenal memiliki titik lebur tinggi. 

Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa tungsten karbida tidak mudah tergores dan bentuknya tetap konsistensi seiring berjalannya waktu. Selain harganya relatif terjangkau, jenis logam ini juga tidak mudah berkarat atau menimbulkan noda. Uniknya proses pemotongan tungsten karbida harus dilakukan menggunakan teknologi laser. 

Itu dia beberapa jenis logam untuk perhiasan selain emas yang sering digunakan. UD Cantenan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang peleburan aluminium dan berbasis di Kota Yogyakarta. Kami sudah berpengalaman puluhan tahun dalam menghasilkan berbagai produk. Jadi jangan ragu dan percayakan segala kebutuhan Anda bersama kami.

Leave a Reply