404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Profil PT INALUM, Pertama dan Terbesar di Bidang Peleburan Aluminium

Profil PT INALUM, Pertama dan Terbesar di Bidang Peleburan Aluminium

PT INALUM merupakan BUMN pertama dan terbesar yang bergerak di bidang peleburan aluminium. Tidak banyak yang mengetahui profil PT INALUM ini dibandingkan dengan berbagai informasi seputar kerajinan aluminium. Nah, mari sesekali kita melihat informasi seputar profil BUMN Indonesia yang satu ini.

Usaha kerajinan aluminium dan berbagai logam jenis lainnya sebenarnya sangat banyak di Indonesia. Semua usaha kerajinan ini mendapat suplay bahan baku dari perusahaan besar. Misalnya untuk bahan baku kerajinan aluminium, salah satunya didapatkan dari BUMN PT INALUM.

Sejarah PT INALUM

Untuk mengetahui profil PT INALUM, kita harus mulai dari sejarahnya. Sejak kapan perusahaan ini mulai dirintis dan bagaimana proses didirikannya perusahaan yang besar ini di Indonesia. Nah, apakah Anda sudah pernah mengetahui sejarah PT INALUM?

Danau Toba, sumber Berita Satu
Danau Toba, sumber Berita Satu

Cerita menarik seputar berdirinya PT INALUM ini bermula dari pembangkit listrik tenaga air. Di Sumatera Utara, terdapat Danau Toba yang pastinya dikenal sebagai salah satu danau terbesar di Indonesia. Nah, danau ini memiliki debit air yang begitu derasnya sehingga waktu itu pemerintahan kolonial Belanda memikirkan cara untuk memanfaatkannya.

Namun, pemerintahan kolonial Belanda tidak mendapatkan ide apapun. Pemerintahan Indonesia pada waktu ini malah memikirkan untuk memanfaatkan debit air yang deras ini untuk pembangkit listrik tenaga air. Sehingga, yang terpikirkan pertama kali bukanlah perusahaan peleburan aluminium.

Pada tahun 1972, rencana pembangunan PLTA menguat setelah pemerintah menerima laporan dari Nippon Koei, sebuah perusahaan konsultan Jepang menyatakan bahwa studi kelayakan pembangunan PLTA memungkinkan dibangun sekaligus dengan sebuah peleburan aluminium sebagai pemakai utama dari listrik yang dihasilkannya. Nah, dari sinilah kemudian lahir pula perusahaan peleburan aluminium.

Baik PLTA maupun peleburan aluminium keduanya dijadikan sebuah proyek yang disebut dengan proyek asahan. Proyek ini dikerjakan oleh perusahaan yang bernama PT INALUM. Perusahaan ini berdiri pada 6 Januari 1976.

Profil PT INALUM

Sekarang mari kita melihat profil PT INALUM. Perusahaan yang didirikan pada tanggal 6 Januari 1976 dengan status Penanam Modal Asing dibentuk oleh 12 perusahaan Kimia dan Metal dari Jepang. Keberadaan PT INALUM sebagai industri peleburan aluminium telah meletakkan dasar fondasi yang kuat untuk mengembangkan industri hilir peleburan bahan tambang yang berpengaruh, bernilai tambah dan berdaya saing.

PT INALUM, sumber Market Bisnis
PT INALUM, sumber Market Bisnis

Perbandingan saham antara pemerintah Indonesia dengan Nippon Asahan Aluminium Co., Ltd, pada saat perusahaan didirikan adalah 10% dengan 90%. Pada bulan Oktober 1978 perbandingan tersebut menjadi 25% dengan 75% dan sejak Juni 1987 menjadi 41,13% dengan 58,87%. Dan sejak 10 Februari 1998 menjadi 41,12% dengan 58,88%.

Secara de facto, perubahan status Inalum dari PMA menjadi BUMN terjadi pada 1 November 2013 sesuai dengan kesepakatan yang tertuang dalam Perjanjian Induk. Pemutusan kontrak antara Pemerintah Indonesia dengan Konsorsium Perusahaan asal Jepang berlangsung pada 9 Desember 2013, dan secara de jure Inalum resmi menjadi BUMN pada 19 Desember 2013 setelah Pemerintah Indonesia mengambil alih saham yang dimiliki pihak konsorsium.

PT INALUM (Persero) resmi menjadi BUMN ke-141 pada tanggal 21 April 2014 sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 26 Tahun 2014. Perusahaan ini dapat dicatat sebagai pelopor dan perusahaan pertama di Indonesia yang bergerak dalam bidang Industri peleburan aluminium dengan investasi sebesar 411 miliar Yen. Melalui perusahaan ini, bahan dasar aluminium dapat diperoleh.

Keunggulan Menggunakan Kerajinan Aluminium

Melalui profil PT INALUM, kita jadi lebih mengetahui bahwa bisnis aluminium di Indonesia seharusnya dapat kuat ditopang. Nah, bagaimana keunggulan menggunakan produk aluminium sehari-harinya? Simak beberapa ulasannya berikut ini.

1. Tidak Mudah Terbakar

Aluminium memiliki titik leleh di angka 660,3 derajat celcius. Aluminium tergolong memiliki titik leleh yang tinggi sehingga dikatakan sangat sulit untuk terbakar. Mengingat aktivitas yang dilakukan di dapur akan banyak melibatkan api, maka ketahanan terhadap api sangat dibutuhkan. Inilah yang menjadi keuntungan apabila anda menggunakan perabotan aluminium jika dibandingkan dengan perabotan kayu.

2. Desain Perabotan yang Elegan

Untuk kamu yang ingin memiliki perabotan mewah, elegan, namun nggak mau repot memikirkan bahan dan material, perabotan aluminium bisa jadi pilihan mudahmu. Sifatnya yang spotless dan glossy membuatnya terkesan mewah dan modern. Jika berada di Jogja, desain perabotan aluminium ini terdapat salah satunya di Toko Mebel Jogja.

3. Kuat Namun Ringan

Keuntungan lainnya dari penggunaan aluminium adalah bobotnya yang ringan, tidak seperti besi atau metal lainnya yang umumnya memiliki bobot yang berat. Hal ini mempermudah proses instalasi dan pengerjaan perabotan.

Produk Cor Aluminium, sumber : Penjaga Rumah
Produk Cor Aluminium, sumber : Penjaga Rumah

Namun, meskipun ringan, jangan ragukan kekuatan dari perabotan aluminium karena sifat kuat dari besi juga dimiliki oleh material satu ini. Jadi kamu nggak perlu takut perabotan kamu mudah penyok atau patah.

4. Bersifat Anti Rayap

Berbeda dengan kitchen set berbahan kayu atau multiplek yang perlu diberikan perawatan dan perawatan ekstra untuk menghindarinya dari serangan hama, perabotan yang terbuat dengan bahan dasar aluminium tidak memerlukannya.

Salah satu keunggulan material metal seperti aluminium memang terkenal karena sifatnya yang anti-rayap dan serangan serangga-serangga hama lain yang biasanya menggerogoti perabot yang terbuat dari kayu di rumahmu.

Jadi, anda bisa request khusus ke jasa kitchen set yang Anda minta untuk memakai bahan metal seperti aluminium agar dapur tahan dari rayap.

5. Mudah Untuk Dibersihkan

Berbeda dengan perabotan yang terbuat dengan bahan dasar kayu yang bersifat porus, Perabotan dapur aluminium memiliki permukaan solid sehingga nggak akan menyerap noda dan kotoran yang jatuh ke atas permukaannya. Hal ini otomatis menjadikan perabotan dapur aluminium anti-noda dan sangat mudah dibersihkan.

Untuk membersihkan perabotan yang terbuat dengan alumunium, kamu cukup mengelapnya dengan kain dan cairan pembersih. Karena tahan terhadap bahan kimia, kamu juga bisa menggunakan cairan pembersih yang cukup keras saat membersihkan permukaan kitchen set aluminium.

Itu dia ulasan seputar profil PT INALUM dan berbagai informasi menarik seputar aluminium untuk Anda. Simak terus berbagai artikel di UD Cantenan yang bermanfaat. Untuk melakukan pemesanan kerajinan cor aluminium, silahkan menghubungi nomor kontak yang tersedia.

Leave a Reply