404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Tukang Bubut Jogja Pada Industri Logam - UD Cantenan

Tukang Bubut Jogja Pada Industri Logam

Dalam dunia industri terutama industri logam baik industri kerajinan, industri pengecoran maupun industri berat yang menggunakan logam sebagai komoditas maka keberadaan tukang bubut sangat diperlukan. Demikian pula di Jogja yang terkenal dengan kerajinan logamnya di daerah Kotagede, keberadaan tukang bubut Jogja dan jasa bubut sangat diperlukan.

Karena permintaan barang dengan beragam bentuk, pengadaan mesin bubut meskipun mesin bubut konvensional menjadi sangat penting. Dan para tukang bubut Jogja berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumennya dengan menyediakan mesin bubut dan juga tenaga yang terampil seperti yang dilakukan oleh jasa cor aluminium Jogja UD Cantenan Jogja.

Mengenal mesin bubut

Mesin bubut sendiri merupakan mesin yang digunakan untuk membentuk suatu barang yang biasanya bentuknya memungkinkan di buat dengan teknik perputaran atau rotasi seperti halnya membuat gerabah. Oleh karena itulah barang yang dihasilkan adalah barang berbentuk silinder atau mendekati silinder.

Prinsip kerjanya sendiri adalah dengan memutar suatu benda yang dicengkeram erat pada bagian head stock dan pada proses pemutaran tersebut benda akan diiris menggunakan eretan yang bisa digerakan sesuai kebutuhan. Agar hasilnya selalu center maka saat proses pemutaran harus disangga oleh tail stock.

Para tukang bubut Jogja yang membuka usahanya di sekitar daerah industri kerajinan logam seperti Kotagede rata-rata mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan logam kerajinan. Kotagede yang merupakan daerah wisata dan sering dijadikan tujuan wisata penyedia jasa paket wisata Jogja ini memang terkenal dengan hasil logamnya.

tukang bubut Jogja
Ulir hasil bubut. Sumber Unsplash

Hasil dari proses pembubutan yang dipakai untuk industri logam

Ada beberapa barang yang dihasilkan oleh tukang bubut Jogja yang mengerjakan pekerjaannya untuk memenuhi permintaan pasar industri kerajinan logam baik logam cor ataupun tempa.

Hasil pembubutan lurus

Salah satu hasil pembubutan lurus adalah poros. Poros ini adalah barang yang umum dihasilkan oleh para tukang bubut. Dengan melakukan pembubutan lurus sesuai dengan garis poros benada kerja maka akan mendapatkan hasil berupa poros silinder. Pengerjaan ini kadang dilakukan dengan dua tahap yaitu pahat pembubutan secara kasar dan yang kedua adalah memperhalus atau finishing. Dengan menggunakan setelan ukuran tertentu maka poros silinder ini bisa di buat sesuai dengan permintaan ukuran diameter.

Pembubutan ulir

Proses pembubutan dengan mata pahat alur ini menghasilkan barang silinder yang memiliki ulir atau seperti drat dalam ukuran besar. Dengan melakukan setelan ukuran dan kedalaman tertentu maka ulir yang dihasilkan akan memiliki ukuran tertentu pula. Penggunaan batang silinder berbentuk ulir ini biasanya ada pada barang industri kerjainan logam dan furniture logam. Menggunakan logam silinder berbentuk ulir terlihat lebih artistik daripada silinder atau batang biasa.

Pengeboran dalam

Proses pembubutan ini menggunakan teknik dengan memutar benda kerja dan disangga oleh tail stock yang berupa mata pisau bor. Dengan demikian bagian dalam silinder akan termakan oleh mata bor yang lebarnya akan menyesuaikan dengan ukuran mata bor.

Proses ini menghasilkan silinder yang memiliki rongga di dalamnya seperti pipa. Denga pengerjaan yang benar maka hasil yang didapat akan presisi. Dan ada beberapa industri logam yang menggunakan pipa logam seperti ini untuk pembuatan bahan dari logam atau sebagai komponen dari barang lain.

tukang bubut Jogja
Mesin bubut paling mutakhir. Sumber Unsplash

Itulah beberapa hasil yang didapatkan oleh pengerjaan mesin bubut konvensional. Dengan skill mumpuni dari tukang bubut Jogja dan mesin bubut yang cukup bisa diandalkan maka UD Cantenan salah satu perusahaan yang sudah bertahun-tahun berpengalaman membuat barang kerajinan seperti berbagai bentuk tempat lilin siap menerima pekerjaan bubut secara profesional.

Leave a Reply