UD Cantenan

10 Keunggulan Aluminium Dibandingkan Logam Lain yang Jarang Diketahui Orang

Atap aluminium, Sumber: archify.com

Mungkin tanpa kami mention, Anda sudah menyadari bahwa kebanyakan barang-barang yang ada disekitar Anda adalah barang yang terbuat dari aluminium. Tentu hal ini menunjukkan betapa banyaknya keunggulan aluminium jika dibandingkan dengan logam lainnya.

Logam ini tidak hanya mudah dibentuk, dilebur, ataupun diproduksi saja, tetapi juga memiliki sejumlah keunggulan yang seringkali luput dari perhatian banyak orang. Maka dari itu, Cantenan memberikan informasi terkait 10 keunggulan aluminium yang mungkin belum Anda ketahui. 

Dengan pengetahuan ini, Anda bisa lebih memahami potensi dan keunggulan aluminium dalam kehidupan sehari-hari Anda. Yang pada akhirnya, Anda bisa memaksimalkannya sesuai dengan kebutuhan Anda sehari-hari.

10 Keunggulan Aluminium Dibandingkan Logam Lain

Keunggulan material aluminium, Sumber: alicdn.com
Keunggulan material aluminium, Sumber: alicdn.com

Beragamnya keunggulan aluminium jika dibandingkan dengan logam lainnya, membuatnya semakin populer dan digunakan oleh banyak perusahaan sebagai bahan utama pembuatan produk mereka. termasuk digunakan oleh banyak sentra kerajinan tembaga di berbagai daerah.

Sudah mulai penasaran dengan keunggulan yang dimiliki bahan logam ini? Apakah keunggulan aluminium dibanding logam lain? Oke, kalau begitu langsung saja kita mulai pembahasannya berikut ini,

1. Ramah Lingkungan

Poin penting dari kelebihan aluminium yang menjadikannya paling menonjol adalah bahannya yang ramah lingkungan. Memiliki titik leleh yang rendah membuat aluminium mudah dicairkan, kemudian dibentuk kembali dan pada akhirnya bisa digunakan kembali untuk memproduksi barang baru lainnya.

Dengan demikian, aluminium bisa didaur ulang hingga 100%. Ya, meskipun terdapat perbedaan antara sifat aluminium baru dengan aluminium daur ulang, bahan ini tetap memiliki sifat dasarnya.

2. Ketahanannya Terhadap Korosi yang Sangat Baik

Salah satu keunggulan aluminium yang luar biasa adalah ketahanannya terhadap korosi. Hal ini disebabkan oleh kehadiran lapisan oksida pada permukaan aluminium. Lapisan oksida inilah yang bertindak sebagai perisai pelindung yang melindungi aluminium dari kelembaban dan udara luar yang bisa memicu timbulnya korosi.

Dengan demikian, aluminium memiliki masa pakai yang lebih lama dan cenderung lebih awet jika dibandingkan dengan logam lainnya.

3. Konduktivitas Listrik dan Termal yang Luar Biasa

Aluminium memiliki sifat yang mampu menghantarkan listrik dan panas dengan sangat baik.  Jika dibandingkan dengan tembaga, yang hanya mampu menghantarkan sekitar 6% dari nilai standarnya, tentu aluminium memiliki kemampuan yang lebih tinggi dari itu.

Maka dari itu, aluminium lebih sering digunakan sebagai bahan utama dalam industri kimia, makanan, dan penerbangan karena kemampuan konduktivitasnya yang luar biasa. 

4. Tidak Beracun

Bahan aluminium tidak beracun, Sumber: kompas.com

Jika Anda ingin memanfaatkan aluminium dalam industri makanan tetapi khawatir bahan logam ini dapat merusak nutrisi dalam makanan tersebut? Tenang, aluminium memiliki sifat yang tidak beracun dan tidak bereaksi dengan bahan kimia dalam makanan.

Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir saat memproduksi atau menggunakan alat masak dan kemasan makanan apapun yang terbuat dari aluminium. 

5. Bersifat Impermeabilitas

Kemampuan impermeabilitas yang dimiliki aluminium terhadap bau dan rasa terbilang luar biasa. Hal ini semakin menjelaskan bahwa aluminium menjadi pilihan yang sangat cocok untuk pembuatan produk farmasi, makanan, ataupun minuman. 

6. Sifat Bahannya yang Ringan

Keunggulan lainnya dari logam ini datang dari sifat aluminium itu sendiri. Yap, aluminium memiliki sifat bahan yang ringan. Dimana beratnya ini sekitar sepertiga berat baja. Dengan demikian, aluminium cenderung lebih mudah dan murah untuk diproduksi jika dibandingkan dengan jenis logam lainnya. 

7. Sifat Bahannya yang Kuat

Tak hanya ringan, bahan aluminium terutama yang biasa digunakan untuk tujuan komersil memiliki kekuatan tarik sekitar 90 Mpa. Kekuatan ini dapat ditingkatkan melalui proses pencampuran jenis logam lainnya. Seperti tembaga, mangan, dan silikon.

8. Mudah Dibentuk

Aluminium mudah dibentuk, Sumber: constructionplusasia.com

Dengan sifat bahannya yang ringan, membuat aluminium dapat dibentuk dengan mudah. Proses produksinya dapat mengadopsi berbagai metode apapun, mulai dari metode pengecoran atau bahkan pencetakan. 

Di samping itu, dengan adanya beragam jenis aluminium membuat bahan logam ini mampu menjadi solusi unik untuk semua kebutuhan dan persyaratan produk secara spesifik. Maka dari itu, tidak mengherankan jika bahan logam ini populer di industri konstruksi. 

9. Menyerap Suara

Jika Anda mencari bahan yang bisa meredam suara, maka aluminium lah solusinya. Kenapa? Karena aluminium adalah salah satu jenis logam yang memiliki kemampuan menyerap suara. 

Dengan hanya mengaplikasikan produk aluminium seperti penutup jendela aluminium, Anda bisa mengubah ruangan Anda menjadi ruangan yang kedap suara.

Jadi, apabila Anda adalah seorang musisi yang aktif  menciptakan karya, maka mengaplikasikan produk aluminium ini di ruangan Anda dapat  mengurangi potensi gangguan kebisingan dari tetangga sebelah rumah.

10. Tahap Finishing yang Sederhana

Beberapa pengusaha mungkin ragu untuk memanfaatkan suatu bahan produksi karena tingkat keribetannya dalam proses produksi, akan tetapi hal ini tidak berlaku pada aluminium. Karena keunggulan lainnya dalam menggunakan aluminium sebagai bahan produksi adalah tahap finishingnya yang sederhana.

Hanya dengan metode pemolesan, penyikatan, ataupun pengecatan, sudah bisa memberikan lapisan dan sigat pelindung tambahan pada aluminium. Bahkan tanpa metode-metode tersebut, aluminium bisa langsung digunakan sebagaimana adanya.

Itu dia kesepuluh keunggulan aluminium yang luar biasa jika dibandingkan dengan bahan logam lainnya. Mulai dari ramah lingkungan, tahan korosi, hingga tahap finishing yang sederhana sudah cukup membuktikan bahwa aluminium adalah pilihan bahan yang luar biasa untuk dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan kita.

Jika Anda tertarik untuk memproduksi barang dari aluminium dengan metode pengecoran, Anda bisa mempercayakan proses produksi tersebut kepada Cantenan, perusahaan cor aluminium Jogja yang sudah dipercaya banyak konsumen.

Mari sukseskan keinginan Anda untuk memproduksi inovasi barang bermanfaat yang terbuat dari aluminium bersama kami!

Exit mobile version