Keunggulan Aluminium Dibandingkan Dengan Logam Lainnya

Aluminium merupakan logam kelas atas (IIIA) yang pada mulanya berharga sangat mahal dikarenakan sulitnya pengolahan untuk mendapatkan biji aluminium. Bahkan pada waktu itu harganya bisa mencapai harga emas dan perak. Dan pada tahun 1886 Charles Martin Hall dari Amerika Serikat dan Heroult dari Perancis menemukan metode pemisahan biji aluminium dari kandungan logam lainnya. Saat itulah karena adanya produksi biji aluminium secara besar-besaran maka harga aluminium mulai turun.

Saat ini aluminium banyak di aplikasikan ke berbagai barang. Karena sifatnya yang kuat tetapi ringan maka aluminium menyaingi platina dan magnesium. Tetapi harga aluminium lebih murah sehingga penggunaan bahan aluminium untuk berbagai barang lebih banyak di bandingkan mgnesium dan platina.  Bahkan saat ini frame sepeda yang terbuat dari besi kalah pamor dengan frame sepeda yang terbuat dari unsur aluminium.

Aluminium sebagai kemasan minuman berkarbonasi. Sumber unsplash.com

Berikut Keunggulan Aluminium Dari Logam Lainnya

1. Penghantar Panas dan listrik Yang Baik

Aluminium merupakan unsur logam penghantar listrik dan panas terbaik setelah tembaga. Akan tetapi karena tembaga harganya lebih mahal maka penggunaan barang-barang yang memerlukan hantaran listrik atau panas cenderung menggunakan bahan aluminium. Kita bisa melihat bahwa peralatan masak ataupun listrik rata-rata menggunakan bahan dasar aluminium.

2. Memiliki Warna Yang Tidak Cepat Berubah

Alumunium memiliki warna yang cerah dan meskipun dalam jangka waktu lama warna tidak lekas pudar atau berkarat. Aluminium sebenarnya cepat sekali bereaksi dengan oksigen di udara dan membentuk aluminium oksida. Justru aluninium oksida inilah yang akan melindungi lapisan dalam aluminium dari reaksi yang berlanjut. Sehingga seolah-olah aluminium tahan dari pengaruh luar secara kimia.

Karena warnanya yang mengkilap dan menarik, maka barang yang berasal dari aluminium biasanya tidak akan di cat. Bahkan serbuk aluminium dijadikan bahan campuran cat agar dapat menghasilkan warna metalik. Maka tak jarang jika kita melihat barang yang berbahan dasar aluminium terkesan berwarna mengkilap. Tak terkecuali furnitur logam yang berbahan dasar aluminium.

3. Tidak Bereaksi Dengan Bahan Kimia Pada Makanan

Inilah rahasianya mengapa banyak makanan dengan kemasan lauminium foil. Dan banyak alat masak yang terbuat dari aluminium. Karena logam ini tidak akan bereaksi dengan bahan kimia pada makanan maka kita akan merasa aman ketika memasak apapun dengan alat masak aluminium.  Sehingga kelebihan wajan cor aluminium lebih banyak daripada wajan dari bahan lain untuk urusan masak memasak.

Peralatan memasak berbahan aluminium. Sumber unsplash.com

Selain bahan aluminium, banyak juga alat masak yang berbahan logam lain seperti besi, tembaga dan logam lainnya. Dan karena itulah kita mungkin perlu mengetahui tips perawatan peralatan memasak berbahan logam agar peralatan masak yang kita miliki lebih awet.

Untuk anda yang berminat membuat suatu barang yang terbuat dari aluminium dengan sistem cor, maka anda bisa mempercayakan pembuatannya kepada cor aluminium Jogja terpercaya. Jogja merupakan pusat seni tradisional semisal wayang, pakaian adat dan tarian akan tetapi ada beberapa aksesoris dan barang seni di buat dari aluminium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *