Cor Aluminium Jogja, UD CANTENAN Ahli & Berpengalaman

Cor Aluminium Jogja – Sebelum masa dengan kemajuan industri yang pesat seperti sekarang, manusia zaman dahulu sudah menggunakan logam untuk keperluan yang sederhana. Tak dapat dipungkiri, unsur logam meruapakan salah satu ciptaan Sang Pencipta yang penuh manfaat. Berbagai jenis logam dimanfaatkan manusia mulai dari untuk pembuatan keperluan pertanian, kerajinan, perhiasan hingga persenjataan. Dengan berkembangnya teknologi, kemungkinan masih akan banyak penemuan manfaat dari logam yang saat ini belum diketahui manusia. Dan kabar baik lainnya adalah, Indonesia memiliki daerah penghasil aluminium yang melimpah hasilnya.

Yogyakarta dikenal sebagai sebuah provinsi dengan jumlah pelajar yang banyak, hingga mendapatkan sebutan kota pelajar. Selain itu dikenal dengan banyaknya destinasi pariwisata yang beraneka macam, mulai dari wisata budaya, religi, gunung, pantai, belanja hingga kuliner. Namun ternyata dibalik itu semua, kota gudeg ini juga memiliki industri cor aluminium yang cukup maju. Mematahkan anggapan bahwa industri logam hanya ada di kota-kota besar seperti Surabaya, Jakarta, Tangerang, Cilegon, Karawang, Bekasi dan lainnya. Jadi saat sahabat ke Jogjakarta, harapannya tidak hanya menikmati wisata belanja di Malioboro saja. Atau menikmati indahnya pantai di Gunung Kidul seperti pantai Siung, Indrayanti, Wedi Ombo dan yang lainnya. Atau juga pergi caving di gua-gua di Gunung Kidul. Jogja selain terkenal dengan kerajinan berupa perak di Kotagede, juga memiliki sentra-sentra penghasil kerajinan cor aluminium. Makin banyak referensi tempat untuk berwisata dan belajar.

Hasil Produksi Cor Alumunium Jogja

Hasil Produksi Cor Aluminium UMKM Jogja

Mengenal Logam Aluminium

Alumunium memiliki kode kimia Al, adalah salah satu logam non ferrous (tidak berkarat) yang ada di dunia ini. Logam ini salah satunya dihasilkan dari pengolahan bauksit. Indonesia merupakan salah satu penghasil bauksit yang besar di dunia. Sentra-sentra pertambangan bauksit bisa kita lihat di daerah Bintan maupun di Kalimantan. Aluminium merupakan salah satu logam penting yang banyak dipakai dalam kehidupan manusia, makanya sektor industri yang bergerak pada pengolahan alumunium berkembang, bahkan pesat. Logam ini termasuk logam ringan dengan berat jenis 2.643 gr/cm3 dan titik cairnya 600 derajat celcius.

Dari pengolahan bauksit didapatkan alumina. Alumina inilah yang kemudian diolah kembali menjadi alumunium. Sifat dari aluminium adalah : (a) Berat jenis rendah, (b) Tahan Korosi, (c) Mudah dituang, (d) Konduktor listrik yang baik. Aluminium alloy ditinjau dari bahan campurannya terdiri dari ,Magnal (campuran aluminium dan magnesium), Manal (campuran alumunium dan mangan), Siluminal ( campuran alumunium, tembaga dan silicon), Duraluminium (campuran alumunium, tembaga, mangan dan magnesium). Menurut HES (Honda Engineering Standart) terdapat alumunium alloy dengan type HD2 G2. HD2 G2 adalah alumunium alloy yang dipergunakan dalam proses die casting. HD2 G2 adalah material alumunium alloy yang kuat, dan tahan benturan.

Tak ada gading yang tak retak, sebagai salah satu karunia dari Sang Pencipta, logam aluminium memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Saat dicetak dalam proses peleburan pun hasilnya akan sama. Untuk itu penting bagi segenap sahabat yang ingin membeli barang dari cor aluminium untuk memperhatikan dengan seksama. Mari kita simak dengan seksama kelebihan dan kekurangan aluminium.

Kelebihan :

  • Tidak mudah keropos dan berkarat, bahan aluminium berbeda dengan besi yang lebih mudah teroksidasi sehingga berkarat, maupun kayu yang rawan terkena rayap. Jadi semisal dibuat barang cor aluminium berupa kusen pintu, tentu akan awet.
  • Harga relative lebih murah jika dibandingkan dengan kayu, apalagi saat ini proses penggundulan hutan sedang marak-maraknya. Kayu yang berkualitas menjadi langka dan mahal.
  • Perawatan barang dari cor aluminium mudah. Hal ini tentu disuka oleh para ibu-ibu rumah tangga, saat beban pekerjaan dan merawat anak yang banyak, tentu akan kerepotan jika memiliki barang dengan perawatan yang rumit. Aluminium cukup dibersihkan dengan air dan barang pembersih lainnya serta dijaga agar tetap kering.
  • Ringan, bahan ini cukup ringan jika dibandingkan besi maupun kayu. Sehingga saat dijadikan perabot misalnya kusen atau rak piring. Barang yang dihasilkan akan mudah dipindahkan. Tidak perlu oleh laki-laki yang bertenaga kuat, ibu-ibu bisa melakukannya sendiri.
  • Tahan pecah, terutama saat dibuat kerajinan seperti vas bunga atau asbak. Yang jika kedua bahan itu dibuat dengan kaca, tentu akan riskan pecah. Bisa jadi pilihan manakala keluarga memiliki anak kecil yang sedang aktif-aktifnya.

Kekurangan :

  • Rentan goresan, barang dengan bahan dasar aluminium akan mudah mengalami scratch (goresan). Namun hal ini bisa disiati dengan memberikan lapisan lagi diatasnya.
  • Variasi bentuk minim, hal ini tentu sesuai dengan selera kita. Jika kita termasuk orang-orang yang suka dengan konsep minimalis, barang cor aluminium bisa menjadi pilihan yang disuka.
  • Tidak tahan terhadap benturan, tentu yang kami maksud adalah benturan yang sangat keras. Terutama jika bahan dan kualitas aluminium yang digunakan rendah mutunya.

Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan barang cor aluminium, harapannya sahabat dapat cermat memilih barang sesuai dengan kebutuhan dan penempatannya. Untuk pelaku usaha dalam industri aluminium, akan cermat saat ingin membuat produk dengan bahan baku utama aluminium. Semoga bermanfaat.

Pengecoran Logam

Menurut wikipedia, “Pengecoran Logam adalah suatu proses manufaktur yang menggunakan logam cair dan cetakan untuk menghasilkan bentuk yang mendekati bentuk geometri akhir produk jadi. Logam cair akan dituangkan atau ditekan ke dalam cetakan yang memiliki rongga cetak (cavity) sesuai dengan bentuk atau desain yang diinginkan. Setelah logam cair memenuhi rongga cetak dan tersolidifikasi, selanjutnya cetakan disingkirkan dan hasil cor dapat digunakan untuk proses sekunder”. Proses cor aluminium pun sama pada prinsipnya.

Sand Casting Process Diagram

Sand Casting Process Diagram

Masih menurut wikipedia, casting atau pengecoran, dibagi menjadi 2 mainstream besar, yaitu teknik pengecoran tradisional dan non tradisional. Untuk traditional casting, terdiri dari Sand-Mold Casting, Dry-Sand Casting, Shell-Mold Casting, Full-Mold Casting, Cement-Mold Casting dan Vacuum-Mold Casting . Sedangkan untuk contemporary casting terdiri dari High-Pressure Die Casting, Permanent-Mold Casting, Centrifugal Casting, Plaster-Mold Casting, Investment Casting dan Solid-Ceramic Casting. Contemporary casting tidak bergantung pada pasir dalam pembuatan cetakan dan digunakan untuk obyek geometri kecil, sedangkan traditional casting menggunakan pasir dan diperuntukan untuk obyek geometri yang lebih besar.

Dari proses pengecoran logam, dapat dihasilkan bermacam-macam barang yang bermanfaat untuk keperluan manusia. Mulai dari asbak, meja, kursi, bros, ornamen pagar, tiang, kusen pintu, rak piring, jemuran pakaian, souvenir pernikahan, frame foto hingga komponen elektronik. Pembuatan barang-barang tersebut, mulai dari kerajinan hingga sparepart motor sesuai dengan kreatifitas pelaku usaha dan kemampuan adopsi teknologi UMKM yang bergerak dalam cor logam aluminium.

Cakupan Layanan UD Cantenan

UD Cantenan telah melayani berbagai konsumen lebih dari 20 tahun. Kami berkomitmen mendeliver produk yang cor alumunium yang berkualitas, baik untuk area Jogja, Bantul, Sleman, Gunung Kidul, Kulon Progo maupun daerah lain. Secara garis besar, layanan kami terdiri dari 3 hal, yaitu dalam jasa pembubutan, cor alumunium dan pembuatan aksesoris dari bahan alumunium. Berbagai jenis aksesoris pernah kami buat, mulai dari aksesoris untuk otomotif seperti knalpot, asbak dan kerajinan. Beberapa kesan dari pelanggan kami semoga bisa bermanfaat.

“Pengerjaan rapi, kualitas bisa diandalkan, presisi dan kooperatif ” Edi Kanaya (Kanaya Drumband)

“Sudah 10 tahun kami bekerja sama dengan cantenan, layak untuk digunakan.” Bambang W

“Jarang ada perusahaan cor alumunium yang komitmen terhadap hasil.” Sony W

Kerajinan Hasil Cor Aluminium Dari Jogja - UD Cantenan

Contoh Kerajinan Hasil Cor Aluminium Dari Jogja

Sebagai gambaran singkat mengenai profil UD Cantenan di dunia pengecoran logam aluminium. Kami sajikan tautan video youtube singkat yang bisa membantu sahabat melihat sebagian dari hasil karya kami. Dalam video ini terdapat beberapa contoh produksi cor aluminium yang pernah kami buat, baik untuk pesanan di kota Jogja maupun tempat lainnya.

Kesimpulan Cor Aluminium Jogja

Cor aluminium di Jogja saat ini semakin berkembang. Baik dari sisi pelaku usaha maupun dari sisi teknologi yang digunakan. Sejalan dengan judul artikel kami ini “Cor Aluminium Jogja, UD CANTENAN Ahli & Berpengalaman”, pengalaman puluhan tahun kami dan keahlian yang kami miliki dapat sahabat percaya. Untuk menggunakan jasa kami, silahkan hubungi no kontak yang tersedia di halaman kontak. Terimakasih, dan kami siap membantu kebutuhan sahabat semua.

10 thoughts on “Cor Aluminium Jogja, UD CANTENAN Ahli & Berpengalaman

  • Industri kecil dan menengah memang betul2 membantu masyarakat bawah. Termasuk juga industri cor aluminium di Jogja ini. Namun yang sering jadi kendala adalah soal pemasaran produk yang dihasilkan, baik itu yang berupa kerajinan, sparepart otomotif atau aksesoris lainnya.Perlu upaya ekstra dalam melakukan pemasaran. Sukses selalu UD Cantenan.

  • Pasar kerajinan untuk perusahaan aluminium di Jogja menurut kami sangat terbuka lebar. Mengingat beberapa point ini:

    1. Jogja memiliki kawasan wisata belanja yang melegenda, seperti Malioboro dan pasar Beringharjo yang bisa menyerap produk kerajinan alumunium industri cor logam jogja.

    2. Wisatawan lokal dan asing banyak yang hilir mudik berwisata di Jogja. Sebuah potensi pasar yang dinamis.

    3. Industri kreatif tumbuh subur di kota Jogja, sebuah potensi pasar untuk pelaku usaha aluminium.

    Trimakasih, sukses untuk UD Cantenan.

    • Trimakasih atas atensinya pak Heri. Insyaa Allah kami bisa membuat barang yang bapak minta. Namun untuk detail nya, pak Heri bisa hubungi no WA kmi di +62 812 2789 560. Bisa dikirimkan contoh gambar dan detailnya. Kami nanti kabar baik selanjutnya. Trimakasih

      Salam | UD Cantenan – Cor Alumunium Jogja

  • Salut pak, puluhan tahun dalam usaha peleburan alumunium bukanlah hal yang mudah pasti. Terutama mengingat ekonomi nasional yang terkadang baik, namun tidak jarang pula lesu. Semangat dalam berkarya pak. Ada doa anak dan istri karyawan yang bekerja dengan Anda.

    Sukses selalu UD Cantenan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *