Mengenal Aluminium Murni dan Aluminium Paduan

Aluminium merupakan logam terbesar yang terdapat di bumi. Dengan tempat penghasil aluminium terbesar di dunia yang berada di Tiongkok dan Rusia menjadikan logam aluminium tersebar luas di belahan bumi lainnya dalam bentuk jadi ataupun bahan baku. Selain itu banyak juga daerah penghasil logam di indonesia yang hasilnya berupa aluminium dan digunakan untuk mensuplay kebutuhan dalam negri dan ekspor.

Bersifat kuat dan ringan, Alloy digunakan untuk badan dan sayap pesawat. Sumber pexels

Aluminium Murni

Logam aluminium murni sebenarnya bersifat lunak, mudah ditempa, tahan lama dan juga ringan. Dengan memberikan campuran logam lainnya maka aluminium yang ringan dan kuat dan kita kenal sekarang ini di bentuk. Sehingga aluminium murni jarang sekali digunakan untuk aplikasi barang apapun.

Karena keunggulan aluminium yang memiliki fenomena pasivasi sehingga tahan lama inilah yang menjadikan aluminium di olah dan dijadikan berbagai barang. Pasivasi adalah fenomena terbentuknya lapisan luar yang melindungi bagian dalam dari korosi. Lapisan luar tersebut terjadi karena reaksi aluminium dengan udara luar.

Aluminium Paduan

Penambahan unsur logam lain pada aluminium menyebabkan berubahnya sifat asli aluninium yang semula lunak menjadi keras. Selain itu perpaduan logam lain dengan konsentrasi tertentu berfungsi untuk menurunkan titik lebur aluminium. Dengan turunnya titik lebur dan menjadi kerasnya sifat stensil aluminium maka aluminium banyak di olah dengan berbagai campuran.

Perpaduan Aluminium dan Silikon

Perpaduan logam aluminium dan silikon dengan takaran tertentu menghasilkan logam yang rendah koefisiensi memuainya, lebih keras, mudah di cor dan mampu di las otogen dengan baik. Akan tetapi jika salah dalam takaran silikonnya (terlalu tinggi) mengakibatkan terbentuknya kristal granula silika sehingga mengakibatkan tingkat kerapuhan logam akan naik.

Perpaduan Aluminium dan Magnesium

Perpaduan logam ini dapat menurunkan titik lebur aluminium secara signifikan. Akan tetapi penggunaan campuran logam ini tidak cocok untuk kondisi panas. Sehingga campuran logam ini sangat cocok jika di gunakan pada suhu dingin. Ketika logam lain mengalami failure pada suhu dingin, logam campuran antara aluminium dan magnesium masih bertahan.

Perpaduan Aluminium dan Mangan

Dengan memadukan antara aluminium dan mangan maka akan di hasilkan logam yang kuat dan tidak mudah rapuh. Akan tetapi percampuran ini menyebabkan titik lebur logam menjadi semakin tinggi.

Perpaduan Aluminium danĀ  Seng

Logam jenis ini merupakan campuran yang populer. Karena sifat stensilnya yang tinggi menyebabkan logam menjadi kuat sehingga sering digunakan sebagai bahan badan dan juga sayap pesawat terbang.

Proses peleburan logam. Sumber pexels

Sebenarnya masih banyak sekali perpaduan bahan antara logam aluminium dan logam lain. Karena memang aluminium memiliki sifat yang menjadikannya cocok diaplikasikan di berbagai barang. Demikian penjelasan mengenai aluminium murni dan juga perpaduan aluminium dengan unsur logam lainnya. Untuk pembuatan barang dari cor aluminium bisa dipercayakan kepada UD Cantenan yang merupakan prusahaan cor aluminium Jogja terpercaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *