404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Ternyata Ada Banyak Fungsi Aluminium Foil, Apa Saja? - UD Cantenan

Ternyata Ada Banyak Fungsi Aluminium Foil, Apa Saja?

Apakah Anda pernah menggunakan aluminium foil? Bagi Anda yang hobi memasak, pastinya sudah tidak asing lagi dengan alat bantu satu ini. Selain digunakan untuk kebutuhan dapur, ternyata fungsi aluminium foil tidak hanya itu saja. Namun sebelum itu, Anda juga perlu tahu apa itu sebenarnya aluminium foil.

Aluminium foil merupakan lembaran logam yang memiliki ketebalan dengan kisaran 0.2 mm. Dikarenakan ketipisan nya, aluminium foil memiliki beberapa keunggulan, salah satunya adalah fleksibel sehingga mudah untuk diaplikasikan sebagai pembungkus makanan atau dalam proses bercocok tanam. Pada kesempatan kali ini, kami akan memaparkan beberapa fungsi aluminium foil yang mungkin belum Anda ketahui.

Sejarah Digunakannya Aluminium Foil

Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui fakta bahwa sekitar akhir abad ke-19 sampai dengan awal abad ke-20, umumnya dahulu orang-orang masih menggunakan timah foil sebagai alat pembungkus makanan.

Sejarah Aluminium Foil. Sumber: google.com
Sejarah Aluminium Foil. Sumber: google.com

Namun, dikarenakan efeknya adalah membuat makanan memiliki “rasa timah” di dalamnya, maka timah foil mulai tergantikan dengan penggunaan aluminium foil pada tahun 1910 dan menyebar ke seluruh dunia sampai dengan saat ini.

Fungsi Aluminium Foil Pada Kemasan Makanan

Salah satu fungsi dari aluminium foil yang banyak orang ketahui adalah untuk mengemas makanan agar terhindar dari debu dan binatang yang mungkin menghinggap di makanan tersebut. Tidak jarang juga para pengusaha makanan menggunakan bahan aluminium foil sebagai pengemas makanan yang dijualnya.

1. Menjaga Kebersihan Makanan

Keunggulan aluminium foil terletak dari bahannya yang tidak mudah rusak atau sobek, sehingga bisa mencegah masuknya bakteri, jamur atau kotoran lainnya yang bisa menyebabkan makanan terkontaminasi dan mengakibatkan penyakit berbahaya datang ke tubuh Anda.

Fungsi Aluminium Foil Pada Kemasan Makanan. Sumber: pexels.com
Fungsi Aluminium Foil Pada Kemasan Makanan. Sumber: pexels.com

2. Menjaga Cita Rasa Makanan

Jika Anda berencana bepergian jarak jauh dan ingin membawa bekal, maka aluminium foil bisa membantu Anda dalam menjaga cita rasa makanan tersebut. Hal ini dikarenakan aluminium foil memiliki keunggulan yang bisa melindungi makanan dari panas, lembab, sinar matahari, maupun bakteri.

3. Menjaga Ketahanan Makanan

Tidak dipungkiri lagi bahwa aluminium foil mempunyai kelebihan yaitu bisa menahan oksigen, air, kelembaban, dan juga sinar matahari secara langsung. Kelebihan tersebut menjadikan makanan dalam kemasan aluminium foil tidak mudah melempem atau bahkan menjadi basi dan bau tengik.

4. Menjaga Kehangatan Makanan

Salah satu keunggulan ini sudah dimanfaatkan para penjual makanan yang umumnya berjualan secara online. Hal ini dikarenakan aluminium mampu menjaga suhu panas pada makanan. Sehingga pada saat disajikan, hidangan pun lebih nikmat untuk disantap. Berbeda dengan wadah berbahan plastik yang cenderung berbahaya untuk makanan dengan suhu yang panas.

Fungsi Aluminium Foil Pada Laboratorium

Apabila Anda bekerja di laboratorium, tentunya Anda harus memastikan semua alat praktikum terbebas dari kontaminasi mikroorganisme. Adapun salah satu alat yang digunakan adalah aluminium foil.
Pada proses sterilisasi, alumunium foil biasanya difungsikan sebagai penutup bagian mulut alat-alat praktikum berbahan kaca sehingga bakteri ataupun jamur tidak akan masuk ke dalamnya. Itulah salah satu fungsi alumunium foil dalam sterilisasi yang dilakukan di laboratorium.

Fungsi Aluminium Untuk Tanaman

Tidak jarang juga aluminium foil dimanfaatkan untuk proses penanaman tanaman hidroponik. Beberapa penggiatan tanaman hidroponik menyarankan agar menggunakan lembaran aluminium foil untuk ditempelkan pada styrofoam.

Beberapa manfaat dari pelapisan aluminium foil adalah guna mencegah tumbuhnya lumut pada permukaan styrofoam, fungsi lainnya adalah sebagai reflektor atau membalikan panas yang berlebih ke atas, dan yang terakhir untuk menjaga temperatur air nutrisi yang berada di bawahnya agar suhunya tetap dingin.

Perlu diingat bahwa penggunaan aluminium foil tidak wajib apabila area perkebunan Anda sudah berada pada lokasi yang suhu udaranya dingin.

Fungsi Aluminium Foil untuk Memutihkan Gigi

Tahukah Anda bahwa aluminium foil ternyata bisa untuk memutihkan gigi. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mempersiapkan aluminium foil, pasta gigi dan soda kue. Langkahnya adalah dengan cara membungkus gigi dengan aluminium foil dengan di dalamnya diberi campuran pasta gigi dan soda kue.

Cara tersebut memang terbukti berhasil. Hanya saja, belum diketahui secara pasti, apakah ada efek medis atau tidak dengan menggunakan cara tersebut untuk memutihkan gigi. Untuk amannya memang ke klinik gigi. Beberapa klinik gigi kota besar seperti klinik gigi Palembang, klinik gigi Medan dan lainnya juga memberikan layanan jasa pemutihan gigi secara aman.

Daur Ulang Aluminium Foil

Di kehidupan sehari-hari, tentunya manusia pasti menghasilkan sampah. Tak terkecuali sampah dari sisa aluminium foil yang telah dipakai. Akan sayang sekali jika Anda membuang begitu saja sisa aluminium foil tersebut. Maka dari itu, ada baiknya Anda mencoba untuk mendaur ulang sisa alumunium foil yang ada. Berikut adalah beberapa tips daur ulang aluminium foil yang bisa anda lakukan.

1. Menyetrika Baju

Cara untuk menghilangkan kusut pada pakaian Anda adalah dengan meletakkan aluminium foil pada papan setrika yang Anda gunakan, kemudian letakkanlah pakaian di atasnya. Matikan terlebih dulu tombol uap, lalu gerakkan alat setrika setinggi 7-10 cm di atas pakaian Anda. Panas yang dihasilkan aluminium foil dapat membantu melembutkan pakaian kusut Anda.

2. Melindungi Perabotan dari Percikan Cat

Sisa aluminium foil juga bisa digunakan untuk menjaga kebersihan dari perabotan rumah tangga saat Anda ingin mengecat dinding rumah Anda. Caranya adalah cukup dengan melapisi setiap perabotan atau kenop pintu agar terhindar dari percikan cat.

3. Mempertajam Gunting

Menajamkan Gunting Yang Tumpul. Sumber: google.com
Menajamkan Gunting Yang Tumpul. Sumber: google.com

Apabila Anda memiliki gunting yang tumpul, sisa aluminium foil sangat bisa dimanfaatkan untuk mempertajam gunting. Caranya adalah ambil beberapa lembar aluminium foil bekas, lipat hingga jadi beberapa lapisan, lalu gunting lapisan tersebut hingga menjadi 7-8 bagian.

Dari pemaparan di atas, Anda pasti telah mengetahui betapa banyak fungsi yang bisa didapatkan dari aluminium foil. Mulai dari pemakaian pribadi hingga pemakaian berskala besar seperti penggunaan aluminium foil untuk kemasan makanan. Jika dilihat lebih jeli, ada peluang usaha untuk memulai bisnis aluminium foil yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan.

Itulah tadi pemaparan singkat tentang beberapa fungsi aluminium foil yang bisa menambah pengetahuan dan informasi Anda. Jangan lupa untuk sebarkan artikel ini kepada sahabat dan kerabat dekat Anda. Sampai jumpa di ulasan menarik berikutnya. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply