7 Tips Ampuh Perawatan Produk Kerajinan Logam

Bagi para pecinta benda antik dan elegan, kerajinan logam dan alumunium merupakan salah satu bahan yang dicari karena warna yang menawan serta tahan lama. Tetapi tidak sedikit pula yang enggan membelinya karena perawatannya yang sulit. Sekali salah membersihkan, alih-alih membuat logam mengkilap malah memudarkan warna indahnya.

Logam dengan finishing bentuk, model warna apa pun termasuk yang mengilap (polish) sebenarnya tidak perlu perawatan yang rumit. Pada dasarnya, produk kerajinan logam maupun alumunium ada yang di tambah finishing coating dan ada yang tidak. Finishing clear coating ini digunakan untuk menjaga agar warna tidak mudah berubah dan tahan terhadap cuaca sehingga kerajinan logam dan alumunium cocok untuk digunakan di luar maupun di dalam ruangan. Kerajinan logam tembaga, kuningan maupun aluminium yang telah difinishing dapat menjaga warna walaupun digunakan sebagai tempat air atau digunakan bersama detergen.

Tetapi produk kerajinan juga memerlukan perawatan yang baik dan benar, disesuaikan dengan karakteristik bahan dasarnya. Berikut kami berikan 7 tips ampuh yang tepat untuk merawat dan membersihkan produk kerajinan yang terbuat dari benda logam:

  1. Perlidungan produk kerajinan logam yang mutlak harus dilakukan adalah menghindari terkena air garam dan zat asam. Karena jika unsur-unsur kimia tersebut menempel pada lapisan coating dalam intesitas yang tinggi dan kontinyu air garam dan zat asam tersebut akan merusak lapisan coating dan kemudian bisa mengubah warna logam.
  2. Produk kerajinan logam (terutama finishing polish) yang tidak menggunakan coating, dapat menggunakan lansol (batu hijau) atau braso kemudian diselep atau diusap-usap, maka produk akan mengkilap lagi.
  3. Jauhkan produk kerajinan logam dari panas berlebihan. Hindari terpapar dari sinar matahari langsung karena beberapa logam akan cepat mengarat apabila terkena panas.
  4. Bersihkan produk kerajinan logam dengan sesuatu yang lembut. Anda dapat menggunakan kain atau sikat yang lembut untuk membersihkannya. Bersihkan sela-sela yang tidak terjangkau dengan sikat gigi bekas.
  5. Gunakan sabun mandi untuk bayi, yang mengandung PH seimbang sebagai pembersih. PH seimbang tidak akan merusak lapisan permukaan logam, tetapi akan membersihkan dengan maksimal.
  6. Gunakan bekatul bila Anda suka cara tradisional. Caranya, ambil bekatul lalu sangrai hingga panas. Masukkan bekatul ke dalam kantong kain putih yang bersih, lalu gosokkan pada permukaan produk kerajinan logam. Cara ini efektif untuk menghilangkan noda pada benda logam.
  7. Anda juga dapat menggunakan wax atau polishing khusus untuk logam. Wax dapat menambah kilatan pada produk kerajinan logam Anda, serta dapat menjaganya agar awet dan tahan lama. Bila produk kerajinan logam Anda diletakkan di tempat yang lembab, ada baiknya setiap dua bulan sekali Anda menggunakan wax ini agar warna logam Anda tetap indah.
Produk-02-Cor-Alumunium

Produk-02-Cor-Alumunium

Demikianlah artikel 7 Tips Ampuh Perawat Produk Kerajinan Logam. Terimakasih telah berkunjung di website UD Cantenan. Kami merupakan perusahaan jasa cor alumunium yang berkedudukan di Jogja. Untuk menghubungi kami silahkan kunjungi halaman kontak. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *