Beberapa Cara Praktis Untuk Merawat Perhiasan Cincin Logam

Perhiasan yang terbuat dari logam adalah sebuah karya dari pengrajin logam yang banyak diminati. Hal ini disebabkan perhiasan merupakan sesuatu yang bernilai. Sehingga semua orang pasti ingin memiliki sesuatu yang bernilai ini seperti perhiasan cincin logam. Untuk benda-benda yang berharga yang kita miliki tentu saja kita perlu merawatnya. Karena merawat benda-benda berharga seperti perhiasan logam ini akan membuat nilai tawarnya akan tetap tinggi dan tentunya akan tetap menjadi perhiasan yang disukai karena bisa menambah rasa percaya diri ketika sedang dipakai.

Perhiasan logam yang biasa dimiliki oleh banyak orang adalah cincin emas, perak, platina dan cincin berbahan logam lainnya. Namun berbicara masalah perawatan perhiasan cincin logam ini, maka metodenya bisa dikatakan sama karena sama-sama berbahan baku logam meskipun berbeda jenis logamnya. Nah, bagaimanakah cara perawatan cincin logam ini? simak ulasannya berikut ini.

Cara Perawatan Cincin Logam

Terdapat beberapa jenis logam yang bisa dikreasikan oleh pengrajin logam untuk menjadi perhiasan yang menarik. Namun, meski berbeda, metode perawatan logam bisa dikatakan hampir sama antar berbagai jenis. Metode perawatan cincin logam antara lain :

1. Membersihkan Secara Berkala

Perhiasan Cincin Logam, sumber ig atelierminyon.tr

Perhiasan Cincin Logam, sumber ig @atelierminyon.tr

Ternyata perhiasan cincin logam tidak selalu bisa terlihat sama sejak ketika awal dipakai. Tentu saja karena perhiasan memang sedianya tampak di luar sehingga pasti berinteraksi dengan udara atau kondisi lingkungan. Dampak interaksi cincin dengan lingkungan yang paling mudah diidentifikasi adalah kotor dan tidak mengkilap. Untuk itu perlu dilakukan pembersihan secara berkala agar cincin logam tetap awat dan selalu terlihat baru. Cara untuk membersihkannya dengan beberapa cara seperti menggunakan mesin pembersih, membersihkan sendiri dengan sikat gigi menggunakan bahan tertentu dan didiamkan dengan cara direndam pada cairan bereaksi dengan kotoran yang menempel pada logam pada rentang waktu tertentu. Semua ini adalah cara untuk membersihkan cincin logam.

2. Letakkan Atau Simpan Pada Tempat Yang Baik

Terkadang, seseorang memiliki beberapa cincin yang dipakai secara bergantian sesuai dengan momen atau seleranya. Maka dalam meyimpan cincin yang sedang tidak dipakai ini tidaklah dengan meletakkannya begitu saja pada sembarang permukaan pada tempat penyimpanan. Tentu saja harus diperkirakan seberapa keras permukaan tersebut. Semakin keras maka akan menyebabkan cincin menjadi lecet. Begitu pula harus dilihat bahwa tempat penyimpanannya selalu bersih. Dengan begitu cincin tidak terkena kotoran yang jika mengering akan sulit untuk dibersihkan. Tempat penyimpanan cincin yang baik adalah yang tidak keras dan kotor sehingga biasanya terdapat lapisan tertentu pada tempat penyimpanan tersebut.

3. Memakainya Dengan Cara Yang Tepat

Rawatlah perhiasan cincin logam Anda dengan memakainya dengan cara yang tepat. Misalnya tidak dipakai ketika berolahraga, bekerja, memasak dan hal-hal lainnya yang tidak tepat untuk memakai perhiasan cincin logam. Dengan begitu perhiasan cincin logam Anda akan lebih terjaga, terawat dan awet.

Demikian ulasan mengenai perawatan cincin logam yang praktis. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk Anda. Simak ulasan kerajinan logam lainnya di halaman ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *