Beberapa Jenis Logam Yang Menarik Untuk Dijadikan Perhiasan Cincin

“Menikah tidak harus mahal”, mungkin begitulah ungkapan yang sering dinasehatkan kepada calon sepasang suami istri saat ini. Karena memang begitu bukan? Namun kali ini kita tidak membicarakan masalah pernikahan. Salah satu pembiayaan pernikahan yang membutuhkan biaya besar adalah mas kawin yaitu cincin pernikahan. Bahkan bisa dikatakan cincin pernikahan yang biasanya merupakan logam yaitu emas ini bernilai hampir 50% dari biaya pernikahan.

Berbicara logam yang bisa menjadi bahan perhiasan cincin, sebenarnya bukan hanya emas saja. Terdapat beberapa logam lainnya yang tidak kalah “mewah” dibandingkan emas untuk dijadikan bahas cincin perhiasan. Logam-logam ini bisa jadi lebih terjangkau harganya dibandingkan emas. Apa saja logam-logam yang bisa “disulap” menjadi perhiasan cincin yang indah? Berikut ulasannya.

1. Perak

Perak merupakan pilihan kedua setelah emas. Ditinjau dari nilainya-pun, perak merupakan sesama logam yang digunakan sebagai alat tukar di masa lalu. Sehingga harganya masih relatif bertahan hingga saat ini. Jika Anda berkesempatan untuk berkunjung ke Jogjakarta, terdapat sebuah kecamatan yang menjadi pusat kerajinan perak yaitu Kecamatan Kotagede. Di sini terdapat beragam perhiasan termasuk cincin perak yang tidak kalah menarik perhatian sebagaimana emas.

2. Palladium

Wedding Jewelry, sumber ig @williamwhitejewelry

Palladium adalah logam lunak putih keperakan yang menyerupai platina. Palladium menjadi sering diminati akhir-akhir ini sebagai bahan perhiasan termasuk cincin. Cincin palladium umumnya mempunyai daya tahan yang relatif sama dengan emas. Namun, cincin palladium lebih tahan terhadap goresan dibandingkan emas. Mengenai harga, palladium lebih murah ketimbang emas. Harga per gramnya biasanya hanya separuh dari harga emas.

3. Platina

Platina atau platinum merupakan salah satu logam yang juga menjadi alternatif untuk menjadi bahan baku cincin perhiasan. Platina lebih ulet daripada emas, perak atau tembaga, sehingga paling ulet dibandingkan kebanyakan logam murni lainnya, tetapi kurang lunak daripada emas. Dalam bidang lain seperti kedokteran, platina digunakan sebagai alat penyambung tulang yang patah karena platina merupakan logam yang tahan terhadap korosi, aus dan tidak menyebabkan alergi pada tubuh manusia. Dengan manfaatnya, keberadaa platina semakin sedikit dan permintaannya semakin banyak sehingga harga platina menjadi lebih mahal dibandingkan dengan emas.

4. Titanium

Banyak cincin-cincin akik yang berbahan baku dari titanium. Ya, akhir-akhir ini titanium mulai diminati sebagai bahan baku perhiasan cincin. Tinggal bagaimana para pengrajin logam berkreasi untuk hasil perhiasan cincin titanium yang tidak kalah menarik dibandingkan emas dan perak. Titanium berbahan lebih kuat dibandingkan emas dan perak dan beratnya lebih ringan. Dengan keberadaan material titanium yang banyak, harga titanium jauh lebih murah dibandingkan emas dan perak.

Demikian beberapa ulasan mengenai bahan-bahan logam yang bisa dijadikan perhiasan cincin selain emas yang tidak kalah menarik. Semoga ulasan ini bermanfaat dan jangan lupa untuk terus menyimak ulasan kerajinan logam lainnya di halaman kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *