Beberapa Informasi Menarik Mengenai Furniture Logam

Furniture merupakan kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Furniture adalah segala macam peralatan maupun perabotan yang dibutuhkan untuk memudahkan aktivitas dalam rumah tangga. Contohnya seperti tempat duduk, meja, lemari, pintu dan lain-lain. Kata furniture berasal dari bahasa Prancis fourniture (1520-1530 Masehi). Fourniture mempunyai asal kata fournir yang artinya furnish atau perabot rumah atau ruangan. Kata furniture yang biasa kita gunakan dalam bahasa Indonesia merupakan serapan dari bahasa Inggris.

Seiring dengan perkembangannya, furniture bisa dibuat dari berbagai macam bahan dasar. Ada yang terbuat dari kayu, keramik, bambu dan logam. Setiap bahan dasar furniture pasti bisa dibandingkan karena memiliki kelebihan dan kekurangan sesuai dengan pemanfaatannya. Kali ini, kita akan mengulas beberapa fakta tentang furniture berbahan dasar logam. Berikut pembahasannya.

Macam-macam Furniture Logam

Saat ini telah banyak dipakai furniture atau perabotan rumah tangga yang dibuat menggunakan bahan logam. Perabotan yang berbahan logam yang biasa ditemui antara lain adalah meja, kursi, pagar, teralis, peralatan dapur, souvenir dan produk-produk perabotan lainnya yang saat ini telah diproduksi dengan bahan logam.

Kelebihan dan Kekurangan Furniture Logam

Setiap bahan dasar produk furniture memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Mengetahui kelebihan dan kekurangan bahan dasar ini bermanfaat bagi kita dari segi penggunaan, masa pakai, harga dan manfaat-manfaat lainnya. Kelebihan furniture berbahan dasar logam antara lain :

1. Kuat dan tahan lama
2. Anti rayap
3. Elegan
4. Sedikit perawatan

Sedangkan kekurangannya antara lain :

1. Mudah berkarat
2. Mudah tergores
3. Kurang fleksibel dalam desain
4. Mudah memuai

Jenis-jenis Logam yang Menjadi Bahan Dasar Produk Furniture

Ruangan yang Berisi Furniture Logam, sumber ig bigoakrestoration

Ruangan yang Berisi Furniture Logam, sumber ig @bigoakrestoration

Terdapat banyak jenis logam, namun tidak semua jenis logam bisa menjadi bahan dasar produk furniture. Jenis-jenis logam yang sering digunakan sebagai bahan dasar furniture antara lain :

1. Alumunium

Alumunium memiliki karakter kuat dan ringan. Namun kekuatannya tidak seperti baja. Bahan alumunium bisa dilipat untuk membuat produk tertentu. Furniture yang biasanya berbahan dasar alumunium adalah perabotan dapur.

2. Tembaga

Tembaga adalah logam yang berwarna kuning yang memiliki konduktivitas yang tinggi. Maka tembaga sering menjadi bahan dasar peralatan memasak dengan suhu tinggi. Selain itu, tembaga yang dijadikan lapisan yang bermanfaat untuk mencegah karatan pada furniture yang berbahan dasar baja.

3. Stainless Steel

Stainless steel merupakan logam yang lebih kuat dan berwarna lebih mengkilap daripada alumunium dan sama-sama ringan. Stainless steel digunakan pada furniture yang didesain untuk terlihat menarik seperti hiasan ruangan, meja dan kursi.

Cara Merawat Furniture Logam

Furniture berbahan logam meskipun dikenal kuat dan awet, harus tetap dirawat. Salah satu langkah merawatnya adalah dengan rajin membersihkannya. Karena sifat logam cenderung bereaksi dengan hal-hal yang ada disekitarnya, maka furniture logam harus dibersihkan. Untuk pembersihan, material metal sebaiknya dibersihkan secara rutin dengan menggunakan kain lap kering. Penggunaan air untuk membersihkan dapat merusak metal, namun apabila ada noda yang sulit untuk dihilangkan, dapat digunakan air untuk membantu. Namun, gunakan air secukupnya dan poles dengan kain lap, setelah itu bekas air tersebut harus segera dikeringkan untuk mencegah karat. Untuk memoles material metal untuk mengembalikan kecemerlangan material dapat menggunakan cairan khusus untuk mengembalikan kilat metal.

Demikian ulasan mengenai beberapa informasi menarik terkait furniture berbahan dasar logam. Semoga informasi ini bermanfaat dan simak terus informasi kerajinan logam lainnya di halaman cantenan.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *