404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Daerah Penghasil Aluminium di Indonesia, Mana Saja? - UD Cantenan

Daerah Penghasil Aluminium di Indonesia, Mana Saja?

Daerah Penghasil Aluminium – Aluminium merupakan unsur kimia yang keberadaannya paling berlimpah ketiga. Logam yang satu ini bukanlah jenis logam berat, namun elemen ini memiliki jumlah sekitar 8% dari permukaan bumi. Di kehidupan sehari-hari, penggunaan aluminium ini sudah cukup umum. Misalnya saja untuk peralatan memasak di rumah, sebagian besar menggunakan aluminium sebagai bahan pembuatannya.

Sifat dari aluminium ini merupakan konduktor yang baik untuk panas. Selain itu jenis logam yang satu ini juga memiliki bobot yang ringan namun kuat. Sehingga banyak orang yang menyukai aluminium untuk dijadikan bahan pembuatan sebuah produk. Untuk daerah penghasil aluminium terbesar di dunia berada di Tiongkok dan Rusia, yang kemudian aluminium dapat tersebar luas ke wilayah lainnya yang ada di berbagai belahan bumi.

Ilustrasi penambangan aluminium, Sumber: hunpsidere.wordpress.com
Ilustrasi penambangan aluminium, Sumber: hunpsidere.wordpress.com

Pemanfaatan Aluminium

Selain digunakan untuk berbagai peralatan masak, ada berbagai manfaat aluminium yang lainnya. Karena aluminium memiliki sifat yang ringan, tahan akan korosi, dan mudah dibentuk membuatnya banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Berikut beberapa manfaat aluminium dalam kehidupan sehari-hari:

  • Peralatan masak. Jika Anda hobi memasak, pasti tidak asing dengan beberapa peralatan dapur yang terbuat dari aluminium. Misalnya saja panci, wajan, dan lain sebagainya. Aluminium di pilih sebagai peralatan memasak karena dinilai tahan terhadap panas, ringan, mudah dibersihkan, dan mudah dibentuk.
  • Komponen produk listrik. Pemanfaatan aluminium selanjutnya ialah dijadikan sebagai komponen produk listrik. Aluminium menjadi salah satu bagian lampu yang digunakan untuk menjadi penghantar listrik. Jenis logam yang satu ini bisa menjadi salah satu reflektor untuk cahaya dengan kualitas yang baik.
  • Untuk kontruksi. Aluminium ini memiliki sifat yang ringan dan tahan terhadap jenis cuaca. Sehingga sering dimanfaatkan untuk kegiatan konstruksi. Misalnya saja seperti konstruksi untuk rangka atap, rangka jendela, rangka pintu dan berbagai penyusun konstruksi lain.
  • Untuk kemasan makanan. Pernah lihat makanan dalam kaleng? Yaps, kaleng tersebut menggunakan aluminium sebagai bahan penyusunnya. Aluminium dinilai tahan terhadap korosi, ringan, dan mudah dibentuk. Sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai bahan kemasan makanan kaleng.
  • Dijadikan untuk berbagai produk rumah tangga. Aluminium ini juga banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan rumah tangga selain peralatan masak. Misalnya saja dijadikan sebagai komponen pembuatan pot tanaman aluminium. Penggunaan aluminium ini dinilai lebih ramah lingkungan daripada penggunaan pot plastik.
  • Dimanfaatkan untuk produk otomotif. Eits.. jangan salah, aluminium ini juga bisa digunakan untuk berbagai produk otomotif loh. Karena memiliki sifat yang ringan dan mudah dibentuk jadi memudahkan untuk diproduksi menjadi berbagai produk otomotif. Bahkan hampir semua produk otomotif menggunakan aluminium sebagai bahan pembuatannya.
  • Untuk kemasan obat. Untuk hal yang satu ini pastinya Anda pernah menjumpainya ya. Biasanya obat-obat yang ada dipasaran menggunakan aluminium untuk kemasannya. Aluminium ini dibentuk menjadi lembaran tipis yang nantinya memudahkan Anda untuk menyobek kemasan obat tersebut. Penggunaan aluminium sebagai kemasan obat ini untuk menjaga agar obat tidak terkontaminasi dengan lingkungan luar.
Daerah penghasil aluminium di Indonesia, Sumber: iea.org
Daerah penghasil aluminium di Indonesia, Sumber: iea.org

Daerah Penghasil Aluminium di Indonesia

Di Indonesia sendiri juga memiliki daerah penghasil aluminium yang nantinya akan didistribusikan berbagai daerah di dalam negeri bahkan ada yang di ekspor juga. Berikut beberapa daerah penghasil aluminium di Indonesia yang perlu Anda ketahui dimana saja daerahnya.

1. Daerah Sumatera Utara

Wilayah penghasil aluminium yang pertama berada di Sumatera Utara. Perlu Anda ketahui bahwa wilayah ini merupakan daerah terbesar penghasil aluminium yang ada di Indonesia. Untuk ini pihak yang menanganinya ialah PT. Inalum. Perusahaan ini dikelola langsung oleh BUMN dan sudah berdiri sejak tahun 2013.

Tidak hanya untuk memasok kebutuhan aluminium di Sumatera Utara saja, namun PT. Inalum ini juga mendistribusikannya ke wilayah Sumatera yang lainnya. Bahkan tidak hanya itu saja, pulau Jawa juga mendapatkannya. Bisa saja berbagai barang yang ada di rumah Anda salah satunya berasal dari sini.

2. Daerah Riau

Daerah penghasil aluminium selanjutnya datang dari Riau tepatnya di Bintan. Di daerah ini Anda bisa melihat langsung batas antara pariwisata dengan area tambang. Jadi ketika Anda melihatnya dari udara akan memunculkan visual yang menakjubkan.

Namun sayang, beberapa waktu yang lalu ada beberapa penambangan liar yang ilegal. Akibat aktivitas ilegal tersebut, membuat lingkungan sekitar menjadi rusak karena tidak mengikuti prosedur yang berlaku.

3. Daerah Kalimantan Barat

Kalimantan Barat juga menjadi salah satu wilayan penghasil aluminium yang ada di Indonesia. Untuk daerah Kalimantan Barat ini barang tambang aluminium dikelola oleh PT. Inalum yang telah bekerja sama dengan Antam. Lokasi tepat dari pertambangannya ada di wilayah Bukit Batu, Mempawah, Kalimantan Barat.

4. Daerah Papua

Daerah Papua terkenal dengan emas sebagai hasil tambangnya, namun ternyata selain emas daerah ini juga menghasilkan aluminium loh. Jadi kehidupan di Papua selain pertambangan emas, ada juga pertambangan aluminium. Untuk pengelolaannya, pertambangan di wilayah Papua ini bekerja sama dengan PT. Indonesia Asahan Aluminium.

5. Daerah Papua Barat

Selain di Provinsi Papua, wilayah Papua Barat juga menjadi salah satu daerah yang menghasilkan aluminium di Indonesia. Barang tambang aluminium di daerah ini digunakan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat sekitar. Misalnya saja digunakan untuk membuat peralatan masak, pembungkus makanan, dan yang lainnya.

PT Inalum, Sumber: ekonomi.bisnis.com
PT Inalum, Sumber: ekonomi.bisnis.com

Sedikit informasi untuk Anda yang sedang membutuhkan berbagai kerajinan dari aluminium, maka bisa menghubungi kami dari UD Cantenan. UD Cantenan merupakan perusahaan cor aluminium Jogja yang memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam menghasilkan berbagai produk sesuai kebutuhan Anda. Jadi jangan ragu untuk menghubungi kami ya, konsultasikan saja dulu dengan kami.

Itulah tadi informasi mengenai daerah mana sajakah di Indonesia yang menjadi penghasil aluminium. Terima kasih telah berkenan membaca artikel di atas, semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat untuk Anda. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar tips membersihkan produk aluminium atau yang lainnya, hanya di laman website Cantenan.

Leave a Reply