Pameran dan Expo Industri Kreatif yang Diadakan di Indonesia

Jogjakarta selain terkenal dengan wisatanya, juga merupakan salah satu daerah industri kreatif yang unggul di Indonesia. Terbukti dengan adanya banyak perusahaan pengarajin yang tersebar di beberapa kawasan di Jogjakarta. Jenis-jenis kerajinannya-pun bermacam-macam seperti kerajinan yang terbuat dari gerabah, logam bahkan tumbuh-tumbuhan. Contohnya saja seperti sentra kerajinan gerabah di Kasongan, Bantul.

Para pengrajin yang tersebar di Jogjakarta yang jumlahnya sekitar 50 perusahaan lebih ini perlu bersaing dengan sesamanya baik persaingan lokal hingga mancanegara. Untuk itu, mereka mengikuti even-even pameran atau expo yang kerap kali diadakan. Dengan demikian mereka bisa menampilkan produk mereka dan disaksikan oleh konsumen-konsumen papan atas. Kali ini kita akan membahas pameran atau expo produk kerajinan yang diadakan mulai di tingkat daerah sampai ke tingkat nasional.

Craft Expo, sumber ig missraine11

Craft Expo, sumber ig @missraine11

1. JIFFINA

JIFFINA atau Jogjakarta Internasional Furniture and Craft Fair merupakan pameran produk-produk furnitur dan kerajinan yang diadakan di Jogjakarta. Tahun 2018 ini JIFFINA berhasil mengadakan expo dengan menghadirkan pengusaha-pengusaha daerah Jogjakarta dan Bali. JIFFINA berhasil menghadirkan sebanyak 300 pelaku usaha dengan jumlah pengunjung pameran sebanyak 4000 peserta. Acara yang dibuka dan dihadiri langsung oleh Sultan Hamengkubuwono X ini pada tahun 2018 menargetkan transaksi senilai 100 milyar dibandingkan tahun lalu sebesar 70 milyar. Selain itu yang menjadi target utamanya adalah pertumbuhan industri furnitur dan kerajinan di Jogjakarta dan Jawa Tengah.

2. IFEX

Untuk ditingkat nasional, terdapat expo produk furnitur dan kerajinan seluruh Indonesia yang diselenggarakan setiap tahunnya. Acara ini menargetkan agar para pelaku industri furnitur dan kerajinan bersaing pada skala nasional sehingga terus bermunculan ide-ide kreatif produk-produk furnitur dan kerajinan kedepannya. Pada tahun 2018 expo ini diadakan di Jakarta pada 9-12 Maret tepatnya di Jakarta International Expo (JIEX) Kemayoran. Acara ini dihadiri pengunjung mancanegara seperti Cina, Amerikat Serikat, India dan pengunjung mancanegara lainnya. Setelah pada tahun sebelumnya dikunjungi oleh 11.225 buyer, tahun 2018 ini jumlah pengunjung mengalami peningkatan yaitu sebesar 12.500 buyer.

3. INACRAFT

Untuk skala Asia, terdapat International Handicraft Trade Fair atau INACRAFT. Pada tahun 2018 acara ini diadakan di Jakarta Convention Center pada 22-29 April 2018. Pameran ini diikuti perajin, pengusaha, produsen dan eksportir kerajian di seluruh tanah air. Selain itu, pameran ini juga diikuti oleh beberapa negara lainnya seperti Jepang, Polandia, Uzbekistan, Korea Selatan dan beberapa negara lainnya. INACRAFT 2018 menargetkan 1.000 pembeli dan seperti biasa, para peserta mengikuti penganugerahan INACRAFT Award yang pemenangnya bisa mendapatkan kesempatan untuk bersaing di tingkat Internasional.

Demikian ulasan tentang even-even yang menyelenggarakan pameran atau expo produk-produk kerajinan industri kreatif yang diadakan di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk menyimak artikel lainnya di halaman kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *