404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Kenali Berbagai Macam Peralatan untuk Memasak Ini yuk! - UD Cantenan

Kenali Berbagai Macam Peralatan untuk Memasak Ini yuk!

Di balik dapur yang indah tentu saja terdapat berbagai macam peralatan untuk memasak. Tanpa adanya alat masak tersebut, Anda tidak dapat mengolah berbagai makanan untuk dihidangkan. Dengan adanya perlengkapan masak, dapur Anda menjadi lebih berwarna. Apalagi konsep dapur Anda yang sudah modern, tentu saja memerlukan berbagai alat masak yang estetik untuk menghiasnya.

Macam-macam peralatan dapur akan sangat bermanfaat untuk kegiatan memasak. Jika Anda baru saja menikah atau mulai hidup mandiri suka bingung nih apa aja alat yang diperlukan buat masak. Karena biasanya semua alat-alat tersebut sudah tersedia di rumah orang tua. Nah sekarang giliran harus hidup mandiri, Anda juga perlu tau berbagai peralatan masak yang penting dan harus ada di dapur.

Beda halnya dengan Anda yang hobi masak dan suka menghabiskan waktu di dapur, Anda pasti sudah paham apa saja macam-macam alat masak dan fungsinya. Bahkan hal tersebut sudah Anda ketahui di luar kepala. Anda bisa memilih berbagai macam peralatan masak sesuai dengan bahan pembuatannya. Untuk bahan pembuatannya biasanya menggunakan besi, aluminium, tembaga, hingga stainless steel.

Di dapur banyak ditemukan alat untuk memasak yang terbuat dari aluminium. Banyak yang menyukai jenis bahan yang satu ini karena dinilai dapat menghantarkan panas dengan cepat dan merata. Jika Anda ingin mendapatkan berbagai kerajinan dari aluminium, Anda bisa menghubungi UD Cantenan. Cantenan merupakan perusahaan cor aluminium Jogja yang memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam menghasilkan berbagai produk sesuai kebutuhan Anda.

Berbagai macam peralatan untuk memasak, Sumber: countryliving.com
Berbagai macam peralatan untuk memasak, Sumber: countryliving.com

Macam-Macam Peralatan untuk Memasak

Jika Anda baru belajar masak atau mulai hidup mandiri, maka Anda perlu mengetahui apa saja macam-macam alat masak yang harus Anda miliki. Kegiatan memasak juga bisa menjadi hobi yang bermanfaat. Jika Anda pandai memasak, kelak saat Anda sudah membangun rumah tangga akan lebih terbantu. Anda bisa menyajikan berbagai makanan lezat untuk orang terkasih. Berikut berbagai alat memasak yang perlu Anda ketahui.

Pisau

Pisau dapur termasuk dalam komponen penting yang harus ada di dapur. Berbagai jenis bahan makanan yang perlu dipotong akan terbantu dengan adanya pisau ini. Terdapat beberapa jenis dan ukuran yang ada pada pisau ini. Agar pisau tetap awet dan tidak berkarat, Anda harus merawatnya dengan benar. Setelah digunakan, Anda bisa mengelapnya supaya pisau tetap bersih.

Pisau, Sumber: parapuan.co
Pisau, Sumber: parapuan.co

Talenan

Nah untuk alas memotong berbagai bahan makanan Anda membutuhkan talenan. Supaya berbagai alat dapur modern Anda terlihat lebih estetik, Anda bisa menggunakan talenan yang terbuat dari bahan dasar kayu. Pilihlah talenan kayu yang keras dan cukup tebal. Selain kayu, ada juga berbagai jenis talenan lainnya misalnya saja seperti talenan dari bambu, plastik, hingga silikon.

Talenan, Sumber: food.detik.com
Talenan, Sumber: food.detik.com

Panci

Panci juga termasuk peralatan untuk memasak yang wajib Anda miliki. Fungsi sederhana dari panci ini biasa digunakan sebagai alat untuk merebus, bisa merebus air, mie, sayuran, dan yang lainnya. Bahkan panci juga bisa digunakan untuk menggoreng loh.

Ada berbagai bahan yang digunakan untuk membuat panci ini, misalnya saja aluminium. Aluminium dipilih menjadi bahan pembuatan panci karena memiliki sifat sebagai penghantar panas yang baik. Meskipun demikian, Anda juga perlu merawatnya dengan benar. Anda perlu rutin membersihkan aluminium ini agar tetap bersih dan tahan lama.

Panci, Sumber: finance.detik.com
Panci, Sumber: finance.detik.com

Wajan

Wajan juga merupakan alat buat masak yang penting dimiliki. Fungsi dari wajan ini membantu mempermudah Anda untuk menggoreng, menumis, bahkan memanggang berbagai bahan makanan yang ingin Anda masak. Bentuk dari wajan ini sedikit berbeda dari panci. Wajan memiliki bentuk yang lebih datar, sehingga kurang cocok jika digunakan untuk memasak makanan yang mengandung kuah.

Beda halnya dengan panci yang memiliki bentuk lebih dalam, sehingga cocok digunakan untuk memasak berbagai masakan yang mengandung kuah. Misalnya saja seperti sup, soto, kaldu, dan yang lainnya.

Wajan, Sumber: bp-guide.id
Wajan, Sumber: bp-guide.id

Spatula

Peralatan untuk memasak selanjutnya ialah spatula. Spatula digunakan untuk membantu Anda memasak, misalnya seperti menumis, menggoreng, hingga mengaduk berbagai bahan makanan. Terdapat berbagai bentuk spatula yang bisa Anda sesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Produk Dari Aluminium yang Menarik

Saat ini sudah ada banyak orang yang menjual spatula set yang dilengkapi dengan berbagai bentuk spatula. Selain itu desain yang ditawarkanpun cukup menarik, spatula-spatula ini bisa juga dijadikan sebagai pemanis kitchen set di rumah Anda.

Spatula set, Sumber: shopee.co.id
Spatula set, Sumber: shopee.co.id

Timbangan Dapur

Timbangan dapur ini juga perlu Anda miliki, supaya mempermudah Anda untuk menyesuaikan ukuran bahan sesuai dengan resep. Selain itu, timbangan ini juga biasanya digunakan untuk orang-orang yang suka membuat kue. Timbangan ini difungsikan sebagai bagian dari alat masak kue, sehingga Anda bisa menyesuaikan terlebih dahulu takaran-takaran untuk bahan kue menggunakan timbangan ini.

Timbangan dapur, Sumber: blog.duniamasak.com
Timbangan dapur, Sumber: blog.duniamasak.com

Alat Pengupas

Peralatan untuk memasak yang perlu Anda miliki ialah alat pengupas. Alat pengupas ini sangat praktis untuk mengupas berbagai kulit dari bahan makanan, misalnya saja seperti wortel, kentang, dan yang lainnya. Dengan alat pengupas ini, Anda bisa menghemat waktu karena tidak memakan waktu yang lama hingga kulit terkelupas. Pilihlah alat pengupas yang memiliki pisau yang tajam.

Alat pengupas, Sumber: sajiansedap.grid.id
Alat pengupas, Sumber: sajiansedap.grid.id

Blender

Blender juga bagian dari peralatan untuk memasak yang perlu Anda miliki. Nantinya blender akan membantu mempermudah Anda untuk menghaluskan berbagai bahan makanan. Misalnya saja bumbu-bumbu yang perlu dihaluskan, Anda bisa menggunakan blender agar lebih efisien. Blender juga bisa digunakan untuk membuat berbagai jus buah yang tentunya menyehatkan.

Blender, Sumber: kitchenaid.id
Blender, Sumber: kitchenaid.id

Itulah tadi informasi mengenai apa saja peralatan untuk memasak yang perlu Anda miliki. Terima kasih telah berkenan menyimak informasi di atas, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar aluminium paduan atau yang lainnya, hanya di laman website Cantenan.

Leave a Reply